Kisah Motivasi Kerja Merupakan Kehormatan

Kerja Adalah Kehormatan – Seorang Staf suatu perusahaan sedang beristirahat di sebuah cafe terbuka siang hari. Sibuk dengan pekerjaanya, saat itu seorang gadis keicl yang memawa beberapa tangkai bunga menghampirinya. “Om beli bunga Om”. “tidak dik maaf saya tidak butuh” lanjut mengerjakan pekerjaannya. “Satu saja om, bunganya kan bisa dikasihkan ke pacarnya atau orang tuanya”, setengah kesal dan nada tinggi pemuda itupun mengatakan “Adik kecil lihat saya lagi sibuk? Kapan-kapan ya kalo om buttuh om akan beli bunga dari kamu.” Gadis kecil itupun pergi dan mengampiri orang yang lalu-lalang disekitar Cafe itu. Setelah jam istirahatnya selesai pemuda itu pun keluar meninggalkan tempat itu, namun pada saat di depan bertemu dengan adik kecil yang berjualan bunga itu kembali.

“Om sudah selesai kerja nya, sekarang beli bunganya dong om, murah kok satu tangkai aja om.” Pemuda ini pun entah jengkel atau kasihan lalu memberikan uang 2000 kepada adik kecil ini, “Ini uang buat kamu dik, om tidak mau bunganya anggap saja buat sedekah dik. Uang tersebut diambil adik kecil namun ia berikan uang itu kepada pengemis tua yang mengemis disekitar area tersebut.

Pemuda itupun merasa sedikit tersinggung dan mendekati gadis kecil itu lalu bertanya “Kenapa uang tadi tidak kamu ambil, malah kamu berikan pada pengemis itu?” Dengan keluguan si gadis kecil menjawab, “Maaf om, saya sudah berjanji dengan ibu saya bahwa saya harus menjual bunga-bunga ini dan bukan mendapatkan uang dari hasil meminta-minta. Ibu saya selalu berpesan walaupun tidak punya uang kita tidak boleh menjadi pengemis.” Pemuda itu sontak kaget dan terharu, betapa ia mendapatkan pelajaran yang sangat beharga dari seorang anak kecil bahwa kerja adalah sebuah kehormatan, meski hasil tidak seberapa keringat yang menetes dari hasil kerja keras merupakan suatu kebanggaan.

Si pemuda itu pun akhirnya mengeluarkan dompetnya dan membeli semua bunga-bunga tersebut, bukan karena kasihan, tapi karena semangat dan keyakinan si anak kecil yang memberinya pelajaran beharga hari itu.